Senat PNJ Kunker Ke Politeknik Negeri Malang Bahas BLU

Ketua Senat Politeknik Negeri Malang  Dr Ir Tundung Subali Padma MT menerima kunjungan kerja Ketua Senat Politeknis Negeri Jakarta Dr.Ir.Drs.  Afrizal Nursin, MT  beserta rombongan di ruang rapat Polinema 
Beji, Depok Terkini
Senat Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Politeknik Negeri Malang (Polinema) pada Senin 24 Oktober 2019 lalu.
Kunker yang dipimpin Ketua Senat PNJ Dr.Ir.Drs. Afrizal Nursin, MT bertujuan untuk melihat perkembangan penerapan Badan layanan umum (BLU) yang nantinya akan diterapkan sekaligus jadikan Benchmark di PNJ.

Turut serta dalam Kunker tersebut Pembantu Direktur (Pudir) I, Dr. Sc Zainal Nur Arifin Dipl Ing MT , Pudir 3, Ir.Iwa Sudrajat MT, dan Pudir 4, Dr. Dianta Mustofa Kamal ST MT, para anggota Senat dan administrasi.

Rombongan Kunker PNJ disambut hangat Ketua Senat Polinema Dr.Ir Tundung Subali Padma MT beserta anggota senat lainnya. Dalam kesempatan itu, Tundung Subali menjelaskan secara rinci perkembangan BLU di Polinema.

Menurut dia, BLU bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa. Fleksibilitas pengelolaan keuangan berdasarkan prinsip ekonomi dan produktivitas, serta penerapan praktek bisnis yang sehat.

Ketua Senat PNJ Dr.Ir.Drs.  Afrizal Nursin, MT memberikan cinderamata  kepada Ketua Senat Polinema  Dr Ir Tundung Subali Padma MT.
Dikatakannya, BLU di Polinema bertujuan meningkatkan kualitas dan kuantitas pelayanan kepada masyarakat, mendapatkan fleksibilitas dalam menghimpun dan memanfaatkan dana dari berbagai pihak, meningkatkan efisiensi penyelenggaraan program kerja yang berorientasi pada pencapaian hasil, akuntabilitas dan transparansi, serta mengembangkan unit usaha dan kerjsama dalam meningkatkan kemandirian dalam pendanaan.

Berdirinya  BLU di Polinema, kata Tundung, berdasarkan PP 23/tahun 2005, pasal 4 ayat 2) tentang Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum. Program awal BLU Polinema menyelenggarakan layanan umum dengan penyediaan jasa layanan pendidikan tinggi. Karakteristik pelayanannya bersifat kuasi public sesuai dengan SK Mendiknas no 147/2004 tentang kemandirian Polinema.
Sedangkan untuk kinerja layanan, lanjut Tundung, yaitu trend peningkatan kualitas dan kuantitas layanan Pendidikan 5 tahun terakhir."Diproyeksikan akan  terjadi peningkatan signifikasn 5 tahun ke depan," ujar Tundung.

Foto Bersama seluruh anggota senat PNJ dan Anggot Senat Polinema
Ia menambahkan, untuk kinerja keuangan, terjadi peningkatan PNBP dan rasio keuangan lainnya pada 5 tahun terakhir. Terjadi peningkatan pembiayaan Pendidikan 5 tahun terakhir dan proyeksi 5 tahun ke depan." Berdasarkan hasil evaluasi kemendiknas, polinema telah memenuhi syarat substantive dan teknis untuk diusulkan menjadi BLU, surat mendiknas no 413/MPN/HK/2011," terangnya.

Sedangkan untuk persyatan administratif, berupa pernyataan kesanggupan meningkatkan kinerja, dan pernyataan bersedia untuk diaudit secara independent. Tundung juga mengimbau kepada Ketua Senat PNJ untuk tidak takut BLU.

" Tidak ada BLU yang menyengsarakan orang, pegelolaan keuangan tertib, bisnis jangan sampai rugi, direktur harus bisa bisnis dan jangan sampai bangkrut, dan untuk pelaksanaan BLU direktur harus mengerti semuanya. Semoga anggota Senat PNJ termotivasi untuk menerapkan BLU di PNJ," harap Tundung.(ndi)

Comments

Popular posts from this blog

Kodim 0508/Depok Gelar Penyuluhan KB Kesehatan

Debus Banten Ramaikan Aksi Unjuk Demo Nelayan di Istana

Generasi Muda Harus Siap Hadapi MEA