Pemkot Depok Komitmen Lestarikan Belimbing Dewa

Walikota Depok Mohammad Idris menyerahkan hadiah kepada Juara I Festival Belimbing tahub 2020 di halaman Balaikota Depok, Selasa (10/03/2020) 

Balaikota, Depok Terkini
Pemerintah Kota Depok berkomitmen untuk melestarikan produk-produk pertanian di Kota Depok, salah satunya adalah belimbing dewa yang menjadi ikon Kota Depok.

"Insya Allah, kita berkomitmen untuk melestarikan produk-produk pertanian di Kota Depok dengan berbagai cara," kata Mohammad Idris dalam acara Festival Belimbing Tahun 2020 di Halaman Kantor Balaikota Depok, Selasa (10/03/2020).

Menurutnya, produk yang dihasilkan petani-petani belimbing di Kota Depok adalah produk yang berkualitas meskipun masih terkendala dengan keterbatasan lahan. Karena itu, ujar Idris, pemerintah akan berupaya untuk bisa memiliki lahan pertanian yang tidak bisa diganggu gugat.


"Petani belimbing yang ada memang sudah sejak lama daerah asalnya menjadi pusat pertanian belimbing , seperti di wilayah Kelapa Dua, Cimanggis. Namun ada juga beberapa petani yang sudah merubah lahannya dengan disewakan ke pihak lain," tutur Idris.

Dengan adanya Festival Belimbing ini, tambah Walikota, merupakan salah satu cara agar para pembudidaya belimbing di Kota Depok tetap memiliki semangat dan harapan sehingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.


"Dengan festival ini belimbing dewa akan lebih dikenal oleh masyarakat luas dan belimbing dewa ini sekarang hampir tersebar di seluruh kecamatan di Kota Depok," ungkapnya.

Idris berharap, festival belimbing ini dapat memajukan pertanian di Kota Depok, khususnya komoditas belimbing sehingga budidaya belimbing dapat menjadi produk yang tidak hanya mengharumkan nama Kota Depok tetapi juga mampu memberikan dampak ekonomi kepada para pelaku usaha pertanian.

"Berkah selalu buat petani belimbing. Saya berharap masyarakat Depok lebih mengetahui, memaham, menyadari serta mengakui bahwa produk yang dihasilkan petani Kota Depok adalah produk yang berkualitas," tandas Idris.

Dalam festival tersebut juga dilombakan hasil produk belimbing dari 24 kelompok tani se-Kota Depok. Juara I mendapatkan hadiah uang senilai Rp.3 juta, juara II Rp.2 juta, dan juara III Rp.1 juta.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar