Ini Program Peningkatan Pelayanan Disdukcapil Tahun 2022

 

Balaikota, Depokterkini

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok memiliki sejumlah inovasi dalam percepatan pelayanan administrasi kependudukan (adminduk) di tahun 2022 ini. 

Inovasi  tersebut berupa kegiatan gebyar perekaman KTP elektronik di sekolah dan Gebyar Layanan Disdukcapil Tingkat Kecamatan se-Kota Depok (Gladis Tiktok) yang telah sukses digelar pada tahun 2021.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Depok Nuraeni Widayatti mengatakan, perekaman KTP elektronik di sekolah-sekolah sudah mulai dilaksanakan dari awal Januari hingga Februari dan petugas akan turun langsung ke sekolah.

Selanjutnya, kata dia, kegiatan RW Sadar Adminduk, program Fasilitasi Akta Kelahiran Ke Rumah Warga (Fastaraga) juga akan digelar kembali. Untuk memenuhi Hak Sipil Anak dengan menyelenggarakan pelayanan cepat dan mudah dalam pembuatan akta kelahiran secara gratis pada April hingga Mei 2021.

“Layanan Disdukcapil akan difokuskan kepada jemput bola. Gladis Tiktok juga akan kembali digelar pada Oktober dan November 2022. Selanjutnya juga program Layanan WA Komunitas Bukti Cinta (Lawas Bucin) yang akan dilanjutkan sebagai agenda rutinan,” jelasnya.

Selain program percepatan pelayanan, tambahnya, tahun ini Unit Pelayanan Publik (UPP) juga bakal beropesional di beberapa kecamatan. Sebagai awalan hanya lima kecamatan yang akan dibuka terlebih dahulu pada Februari hingga Maret 2022.

“Kehadiran UPP juga untuk semakin mendekatkan pelayanan kepada warga. Dengan begitu, dapat memenuhi hak warga untuk memperoleh dokumen kependudukan,” tandasnya.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar