Poktan Cinangka Asri Siap Panen Padi

Sawangan, Depokterkini.com

Areal Pertanian di wilayah Kelurahan Cinangka, Kecamatan Sawangan  yang dikelola Kelompok Pertanaian (Poktan) Cinangka Asri di RT 01/RW 09 siap panen padi pada Februari dan Maret.

Hal itu dikatakan Hikmah, penyuluh pertanian Kecamatan Sawangan disela- sela Musrenbang Kelurahan Kedaung di Cinangka Indah pada Senin (17/01/2022).

“Panen padi akan dilakukan sekitar Februari dan Maret di lahan seluas sekitar 2 hektar di kawasan Cinangka,” kata Hikmah.

Adapun jenis padi beragam ada beras merah dan beras jenis lainnya. Sistem penanaman yang dilakukan petani juga ada sistem tanam jarwo (jajar legowo) yang disosialisakan penyuluh pertanian Kecamatan Sawangan.

Sistem tanam Jarwo ini, dijelaskannya, merupakan sitem tanam padi yang dianggap mudah untuk memantau hama, hasil panennya cukup bagus  karena dalam tanam padi perbandingannya empat banding satu, artinya empat baris berupa tanaman padi  satunya merupakan legowo/ atau pijakan (galengan).

Namun, ditambahkannya,  hanya beberapa petani yang menerapkan Jajar Legowo (Jarwo)  petani yang lain  belum semuanya. Diharapkan para petani menerapkan sistem tanam Jarwo sehingga hasilnya diharapkan memuaskan.

Selain tanaman padi, dijelaskannya, lokasi penanaman di Poktan Cinangka Asri, ada tanaman lemon, sayur sayuran yang bisa diambil untuk kebutuhakan sehari hari , “Lemon yang ditanam  petani ini jumlahnya cukup banyak lebih dari 100 pohon, buahnya juga bagus,” pungkasnya.

Kasi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Sawangan, Zainal Arifin mengapresiasi keberhasilan Poktan Cinangka Asri dalam menanam padi yang dilakukan di areal sekitar 2 hektar.

“Ini perlu dilestarikan sehinggga keberadaan petani di kawasan Cinangka masih terus eksis, Pihaknya juga sudah mendengar dari penyuluh pertanian Kecamatan Sawangan  dan akan  melaporkan ke Pak Camat saat panen tiba,” ujarnya.(dib)

Posting Komentar

0 Komentar