Tingkatkan Kemampuan Babinsa. Kodim Depok Gelar Latnis dan Lattis Tahun 2022

Pancoran Mas, Depokterkini.com

Kodim 0508/Depok menyelenggarakan Latihan Teknis (Latnis) dan Latihan Taktis (Lattis) Triwulan II Tahun 2022 di Aula Makodim Depok, Senin (30/05/22).

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, mulai 30 Mei hingga 4 Juni 2022 diikuti para Babinsa dari masing-masing Koramil jajaran Kodim 0508/Depok.

Pasiter Kodim 0508/Depok Mayor Inf Ibrahim mengatakan kegiatan Latnis dan Lattis bertujuan untuk meningkatkan kualitas para Babinsa, seperti sikap teritorial,  management teritorial, Binwanra, Komsos,  Penguasaan Wilayah  dan temu cepat, lapor cepat.

Dalam materinya, Ibrahim  menjelaskan tentang sejarah pembinaan teritorial (Binter) dan perkembangan, ancaman dan tantangan teritorial terhadap ideologi, politik, ekonomi dan Hankam."Babinsa harus memahami  peran Binter dalam melaksanakan tugas pokok TNI AD pada Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP)," ujar Ibrahim

Pasi Ops Kodim Mayor Inf Ali M menambahkan, bahwa pengadopsian doktrin ini menempatkan Binter sebagai strategi pertahanan matra darat yang dikembangkan untuk mengantisipasi permasalahan teritorial terdiri dari perpaduan dinamika unsur geografi, demografi, dan kondisi sosial. “Usaha antisipasi tersebut dilakukan dengan mengembangkan konsep Binter yang diarahkan untuk memperoleh suatu kekuatan kewilayahan, di mana geografi sebagai ruang juang, demografi sebagai alat juang, dan kondisi sosial sebagai kondisi juang yang tangguh bagi penyelenggaraan pertahanan negara,” paparnya.

Menurutnya, kesiapan Aparat Komando kewilayahan (Apkowil) akan terwujud dengan belajar dan berlatih secara teratur dan terukur yang dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut. Sehingga pelaksanakan latihan ini mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditentukan oleh komando atas.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar