Pendampingan dan Pembinaan RT, RW harus Diperkuat

 

Sukmajaya, Depokterkini.com

Anggota DPRD Depok Fraksi PKS Farida Rachmayanti menilai Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) memegang peranan penting dalam pelayanan masyarakat. Keduanya merupakan ujung tombak tercapainya tujuan pembangunan.

Farida mengatakan, pada sisi lain kedua lembaga ini juga punya peran dalam mengakomodir inisiatif serta prakarsa berdasarkan 

aspirasi dan kepentingan masyarakat.

Farida,  yang juga anggota Komisi A DPRD Depok, berharap terjalinnya komunikasi struktural di tingkat wilayah secara produktif. Dalam hal ini kelurahan dan kecamatan sebagai level middle management dapat optimal dalam mendampingi, membina dan menfasilitasi RT dan RW,  sehingga mereka dapat menjalankan  perannya dengan baik.

Sinergi dan kolaborasi yang apik antar tingkat struktural di kewilayahan dapat  menggerakkan pembangunan partispatif. Selain itu akan menumbuhkan semangat mengedepankan swadaya gotong-royong dalam mengelolaan sumberdaya pembangunan dan sumber daya alam secara terencana, teratur, dan terukur.

Oleh karenanya, lanjut Farida, akan sangat baik jika Kecamatan dan Kelurahan memiliki peta masalah dan potensi masalah yang terbarukan di lingkungan RT/ RW atau lintas RT/RW. Pembaruan data tidak harus menunggu pelaksanaan musrenbang. Dengan peta ini strategi penyelesaiannya dapat lebih antisipatif dan komprehensif. Tentunya dengan melibatkan unsur perangkat daerah. Misalnya, masalah sampah, titik banjir, dan bangunan liar. Termasuk juga masalah sosial, seperti warga tidak mampu, kasus anak, pengangguran, dan lain-lain. 

"Fraksi PKS Depok mengajak berbagai pemangku kepentingan pembangunan,  secara khusus seluruh warga untuk mendukung penuh kerja pengurus RT/RW dalam

memelihara dan melestarikan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat. Di setiap lingkungaj RT/RW kita wujudkan kondisi kegotongroyongan, kekeluargaan dan semangat swadaya sehingga hadir ketentraman, ketertiban dan kesejahteraan bagi masyarakat" pungkasnya.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar