Gelaran Pilkades Serentak di Kabupaten Mojokerto Berlangsung Aman

Jakarta, Depokterkini.com

Sebanyak 41 Desa yang tersebar di 15 kecamatan, Kabupaten Mojokerto, Provinsi Jawa Timur menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak pada Rabu 14 September 2022.

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda) Kabupaten Mojokerto Drs. Teguh Gunarko, M.Si.  Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak di Kabupaten Mojokerto sudah sesuai dengan Peraturan Bupati Nomor 4 Tahun 2022 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa mengenai penerapan protokol kesehatan dan pembatasan DPT maksimal 500 orang per TPS.

Sementara, keadaan yang terkendali dalam penanganan Covid-19 di Kabupaten Mojokerto sudah dinyatakan dalam Surat Bupati Mojokerto Nomor 141/3922/416-112/2022 tanggal 24 Agustus 2022 tentang Laporan Kesiapan Pemilihan Kepala Desa Serentak Tahun 2022.

Jumlah TPS di Kabupaten Mojokerto sebanyak 272 TPS dengan DPT sebesar 122.352 orang. Pemerintah Kabupaten Mojokerto juga menyiapkan gerai vaksin di TPS sebagai upaya percepatan vaksinasi bagi masyarakat.

Dikatakan, Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa serentak dari tahapan pemungutan suara sampai dengan penghitungan suara  berlangsung dengan aman dan sesuai dengan protokol kesehatan. Penghitungan suara dilakukan di masing-masing TPS untuk selanjutnya direkapitulasi di tempat yang telah ditentukan dan dilakukan pleno.

"Pilkades ini adalah dalam rangka mengupayakan pembangunan yang semakin baik untuk masyarakat desa kita," pungkas Sekda saat webinar dengan Direktorat Jenderal (Dirjen)  Bina Pemerintahan Desa, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kamis (15/09/22)

Adapun 41 desa yang menyelenggarakan Pilkades serentak meliputi Desa Temon, Sentonorejo, Kejagan, Jatipasar dan Wonorejo di Kecamatan Trowulan  Desa Mojoranu di Kecamatan Sooko. Desa Banjaragung dan Puri di Kecamatan Puri. Desa Sadar Tengah, Gebangmalang dan Ngarjo di Kecamatan Mojoanyar. Desa Pacing, Gayam dan Ngrowo di Kecamatan Bangsal. serta Desa Sambilawang dan Talok di Kecamatan Dlanggu.

Juga Desa Kepuharum, Sawo dan Karangasem di Kecamatan Kutorejo. Desa Belahan Tengah dan Awang-Awang di Kecamatan Mojosari. Desa Tempuran, Banjartanggul, Randuharjo, Ngrame dan Purworejo di Kecamatan Pungging. Desa Kutogirang, Kunjorowesi dan Candiharjo di Kecamatan Ngoro. Dan Desa Rejosari di Kecamatan Jatirejo. serta Desa Dilem, Gondang dan Kemasantani di Kecamatan Gondang.(wan)

Posting Komentar

0 Komentar