Wqrga Jatijajar Panen Lele dan Kangkung Program P2L

 

Tapos, Depokterkini.com

Puluhan warga Kampung Caraka atau Cerdas Ramah Keluarga di RW 09 Kelurahan Jatiajajar, Kecamatan Tapos, Depok panen ikan lele Sangkuriang dan sayur kangkung program  Pekarangan Pangan Lestari (P2L), Rabu (28/09/23).

Kegiatan panen tersebut dihadiri

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sekretariat Daerah (Setda) Kota Depok Mohammad Fitriawan, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Depok, Widyati Riyandani didampingi Camat Tapos, Abdul Mutolib dan Lurah Jatijajar, Mujahidin.

"Kami sangat senang dan bahagia bisa ikut memanen di P2L RW 09 Kelurahan Jatijajar. Antusias warga juga luar biasa" kata Fitriawan.

Ia menjelaskan, program P2L dibuat dengan tujuan terciptanya ketahanan keluarga dari sisi kebutuhan pangannya. Paling tidak untuk mencukupi kebutuhannya hariannya.

"Tidak perlu yang susah-susah. Bisa kangkung, terong, cabai dan juga ikan lele. Dengan demikian, warga akan bisa hidup sehat dengan mengonsumsi sayur mayur dan juga ikan-ikanan," jelasnya.

Menurutnya, program ini menjadi salah satu cara Pemkot Depok meredam inflasi daerah. Dengan mewujudkan Ketahanan Keluarga dari sisi pangan.

"Kita ingin masyarakat Depok memiliki makanan yang beragam atau pangan beragam, bergizi, seimbang, dan aman serta halal (B2SA + H), sehingga komsumsi berlebih terhadap beras menjadi berkurang," ungkapnya.

Di tempat yang sama, Camat Tapos, Abdul Mutolib berharap Kampung Caraka harus terus berjalan dan masyarakat juga ikut serta. Jangan sampai program ini hilang dari lingkungan.

"Kita sudah memulai, sudah dicontohkan pemerintah melalui program Kampung Caraka, nanti masyarakat tinggal meneruskan. Tumbuh kemandirian dan gotong royong dari masyarakat," harap Abdul Mutolib. (Wan)


Posting Komentar

0 Komentar