PNJ Berikan Bantuan Alat Ukur Monitoring Gizi Balita Kepada Posyandu Kartini 2 Cipayung,

Cipayung, Depokterkini.com

Para dosen program studi Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) telah melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan bantuan dan pelatihan penggunaan alat ukur indeks massa tubuh berbasis android kepada kader Posyandu Kartini 2 Kampung Setaman, Kelurahan Ratu Jaya Kecamatan Cipayung Depok pada Rabu 27 September 2023.

Pelatihan diikuti oleh kader Posyandu Kartini 2 serta dihadiri Ketua Posyandu, Dewi Palupi dan Ketua RW  setempat.

Menurut Ketua Pelaksana Pengabdian, Anik Tjandra Setiati, Program Pengabdian Penerapan IPTEK Berbasis Masyarakat (PPIBM) Program studi merupakan salah satu program tahunan dari Pusat Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (P3M) PNJ.

Program ini dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa program studi Telekomunikasi Jurusan Teknik Elektro PNJ dengan tujuan untuk memecahkan masalah yang timbul pada masyarakat dengan sasaran kelompok masyarakat yang bergerak dalam bidang usaha, sekolah, institusi pemerintah atau masyarakat umum lainnya.

Dalam kegiatan ini, lanjut Anik, tim pengabdian yaitu dosen dan mahasiswa menjelaskan dan mempraktekkan cara kerja alat ukur indeks massa tubuh yaitu dengan cara para kader memasukkan nama, usia, dan jenis kelamin balita pada aplikasi android, kemudian dilakukan pengukuran tinggi dan berat badan. Data yang telah terbaca pada alat akan dikirim dan tersimpan di database dan dapat dilihat melalui aplikasi android. Pada aplikasi akan menampilkan hasil pengukuran tinggi dan berat badan serta informasi gizi balita. Semua data pengukuran akan tersimpan, sehingga para kader posyandu dapat mengevaluasi gizi balita dengan mudah.

Jadi alat ini dapat dimanfaatkan untuk monitoring dan mengevaluasi gizi balita dengan mudah dan efektif sehingga dapat digunakan untuk mengantisipasi gejala gizi buruk.

"Alat ukur indeks massa tubuh berbasis android ini merupakan hasil penelitian dosen prodi Telekomunikasi dengan mahasiswa, sesuai dengan bidang ilmu," ungkapnya.

Setelah memberikan pelatihan, dosen prodi Telekomunikasi menyerahkan bantuan alat ukur indeks massa tubuh berbasis android tersebut kepada para kader Poayandu Kartini 2 

"Kita berikan bantuan alat ukur tersebut  untuk membantu para kader posyandu dalam upaya memonitoring dan mengevaluasi gizi balita dengan mudah dan efektif melalui aplikasi android yang sudah terintegrasi dengan alat ukur indeks massa tubuh," tutup Anik usai menyerahkan bantuan alat ukur kepada Ketua Posyandu, pada Rabu 19 Oktober 2023.(wan)



Posting Komentar

0 Komentar