Jelang Lebaran, Warga Boponter Sembelih Kerbau Andil

Suasana pemotongan kerbau andil di samping Kelurahan Bojong Pondok Terong.

Cipayung, Depokterkini.com

Menjelang Idul Fitri 1445 Hijriyah, hewan kerbau hasil dari patungan atau andil dilakukan pemotongan, Senin 8, April 2024.

Seperti yang dilakukan di samping halaman Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, Kota Depok kerbau andil dipotong kemudian dibagi secara merata orang-orang yang ikut patungan.

“Pemotongan (kerbau) sudah selesai kemudian dibagi rata masing-masing mendapatkan daging murni 4 kg, sedangkan tulang taleng dan isi perut 3,6 ons,” kata Lurah Pondok Terong, Adi Supriadi atau dikenal akrab Adi Betawi, usai pemotongan kerbau.

Dengan melaksanakan andil yang dilakukan menjelang Lebaran, dikatakan lebih lanjut, mengangkat budaya kearifan lokal bagi masyarakat betawi Depok.

“Kalo seperti ini (motong kerbau andil) suasana Hari Raya Idul Fitri sudah terasa sekali,” ujarnya.

Dia berharap kegiatan seperti ini dilanjutkan sehingga silaturahmi juga dapat kemudian jika andil dilakukan hasilnya juga jauh dari harga pasaran. 

Di tempat yang sama Jayadi, Lurah Cipayung Jaya yang juga ikut patungan  mengakui, dahulu jika masyarakat ikut andil biasanya dilakukan setahun sebelumnya dengan membeli kerbau gudel  (anak kerbau), kemudian dipelihara dan ketika waktunya kerbau tersebut sudah  besar dan siap disembelih menjelang Lebaran.

Namun berbeda dengan sekarang, lanjut dia, areal kosong sudah terbatas sehingga rumput sudah tida ada sehingga  peternak kerbau juga  sudah jarang.

Dirinya juga berharap tradisi andil bisa diteruskan  dimasyarakat sebagai sarana silaturhami. (Dib)

Posting Komentar

0 Komentar