Sambut Idul Fitri 1445 H Boponter Hidupkan Tradisi Andil

 

Cipayung, Depokterkini.com

Aparatur Kelurahan Bojong Pondok Terong (Boponter), Kecamatan Cipayung, Kota Depok menghidupkan kembali budaya kearifan lokal masyarakat Betawi Depok yaitu  memotong kerbau menjelang Idul Fitri 1445 H atau biasa disebut   andil dari hasil patungan.

“Kami akan mengembalikan budaya kearifan lokal menyambut Lebaran 1445 H dengan memotong kerbau dari hasil patungan,” ujar Adi Supriadi, Lurah Boponter atau dikenal akrab Adi Betawi, di kantor kelurahan setempat, Kamis (4/4/2024).

Hewan kerbau tersebut, lanjut dia, dibeli secara patungan sebanyak 25 orang tiap orangnya Rp 1 juta, sehingga total uang terkumpul  Rp 25 juta.

 “Jadi, masing masing orang patungan untuk membeli hewan kerbau Rp 1 juta,” terangnya.

Harga kerbau yang sudah dibeli, dikatakan lebih lanjut, di daerah Bojonggede, Kabupaten Bogor Rp 24 juta, sisanya untuk operasional saat pemotongan kerbau.

Dengan andil yang dilakukan di wilayahnya, sambung Adi, manfaatnya tidak hanya menghidupkan budaya kearifan local, namun juga merekatkan silaturahmi antara satu dengan lainnya. 

Andil hewan kerbau menjelang Lebaran, ditambahkannya, direncanakan sudah lama, kemudian direalisasikan pada lebaran tahun 1445 H. 

Sedangakan patungan kerbau, kata dia, dilakukan para ketua RT, RW dan LPM di wilayah kerjanya. “Pemotongan kerbau andil insya Allah, dilaksanakan Senin, 8 April 2024,” pungkasnya.  (Dib

Posting Komentar

0 Komentar