Tingkat Kesadaran Membayar Pajak Kendaraan Bermotor Warga Depok Hanta 52 Persen

Pancoranmas, Depokterkini.com

Tingkat kepatuhan wajib pajak (WP) untuk membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di wilayah kerja Pusat Pengelolaab Pendapatan Daerah Wilayah (P3DW) Depok II Cinere ternyata hanya 52% dari jumlah kendaraan yang tercatat di Samsat Cinere.

"Saat ini,tingkat kepatuhan hanya mencapai 52%. Sedangkan sisanya 48 persen adalah kendaraan yang belum melakukan daftar ulang (KBMDU) dan kendaraan tidak melakukan daftar ulang (KTMDU)," kata Kepala P3DW Depok II Cinere, Hj Enih Srimurni disela acara sosialisasi Bulan Sadar Pajak di wilayah kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Selasa (11/6/24)

Untuk itu, ujar Enih, pihaknya terus bekerja keras melakukan sosialisasi untuk meningkatkan kesadaran dan taat membayar pajak kendaraan bermotor kepada warga di lima kecamatan yaitu Cinere. Limo, Sawangan, Bojongsari, dan Pancoran Mas.

"Selain sosialisasi, Kita juga lakukan operasi khusus dengan mendatangi warga yang menunggak pajak," tegas Enih.

Lebih lanjut Enih mengatakan di bulan Juni ini telah dicanangkan sebagai bulan sadar pajak oleh Bapenda Jawa Barat ,"Tidak berarti bulan bulan lain tidak sadar pajak. Tetapi setiap bulan Juni dari tahun ke tahun animo masyarakat cukup tinggi dalam pembayaran pajak. Karena itu bulan Juni dicanangkan sebagai bulan sadar pajak," ungkapnya 

Namun demikian, Enih mengimbau kepada masyarakat untuk taat dengan membayar pajak tepat waktu." Kalau bayar pajak tepat waktu tidak akan kena denda, dan pembayaran pajak sesuai dengan yang ditetapkan," tandasnya.

Enih menambahkan bahwa saat juga ada pengiriman pesan kepada warga melalui whatsApp Blast secara resmi."isi pesannya berupa validasi kendaraan. Pesan kami kirim sesuai dengan data yang ada di Samsat Cinere," pungkas Enih 

Kegiatan sosialisasi dibuka oleh Plh Sekda Kota Depok, Nina Suzana dan dihadiri Camat Cinere, Limo dan Pancoranmas serta para Lurah , pengurus RW dari 3 kecamatan dan perwakilan mahasiswa.

Bertindak sebagai Narasumber Kepala P3DW Depok II Cinere, Hj Enih Srimurni, Iptu Aeb Pribadi, selaku Pamin Samling Samsat Cinere dan Perwakilan Jasa Raharja Cabang Bogor, Ian Antakusuma.(wan)


Posting Komentar

0 Komentar