Sampah Taman Lembah Gurame Capai 30 Kantong



Pancoran Mas | Depok Terkini


Aksi bersih dan hijau yang dilakukan sejumlah komunitas di Taman Lembah Gurame, Kelurahan Depok Jaya, Kecamatan Pancoran Mas,  Depok berhasil mengangkat sampah non organik sebanyak 30 kantong. Aksi bersih yang dihadiri Kepala Badan Lingkungan Hidup, Wijayanto, Kabid pertamanan DKP Mulyono, KNPI, Forum Komunitas Hijau, Gemapsi, DMC, Komunitas Perempuan Peduli, PWI Depok, Relawan Adipura, Abang Mpo Depok, dan  masyarakat sekitar dilakukan serentak menyisir seluruh area Taman Lembah Gurame, Minggu (11/10).”Aksi bersih ini demi mewujudkan dan membangun kesadaran bersama untuk kota Depok tercinta,”ujar Koordinator Solidaritas Aksi bersih dan Hijau, Turben Rando Oroh.

Dikatakannya, target aksi bersih ini untuk menjaga kebersihan taman yang menjadi tempat berkumpulnya warga.”Kita juga mengajak warga untuk peduli kebersihan. Budaya bersih bisa kita tanamkan kepada masyarakat dengan mewujudkan program ini secara rutin dua kali dalam sebulan,”ungkap Rando.
 
Sementara itu, Wijayanto mengatakan beberapa program aksi bersih telah dilakukan di berbagai wilayah Kota Depok dalam rangka meraih Adipura. Namun demikian, kata Wijay, masalah Adipura tidak hanya sekedar mendapatkan piala, tetapi lebih kepada menumbuhkan budaya terhadap kebersihan.”Kita akan membudayakan bersih di semua tempat. Kebersihan bukan hanya tugas BLH dan DKP, tetapi diperlukan kepedulian dan tanggung jawab dari komunitas dan masyarakat. Komunitas bisa menjadi pioner aksi bersih,”tegas Wijayanto.

Dalam aksi bersih itu, seluruh peserta membawa kantong sampah yang telah disiapkan, dan dilakukan penyisiran mullai dari lapangan futsal hingga seluruh area taman. Sampah yang dikumpulkan lebih difokuskan sampah non organik yakni plastik dan kertas.(