Tiga Kelurahan Raih Sertifikat ODF

Balaikota | Depok Terkini

Tiga wilayah kelurahan di Kota Depok , yakni Kelurahan Cisalak Pasar, Tapos, dan Curug mendapatkan sertifikat Open Defecation Free dari Walikota Depok Nur Mahmudi Ismail. Ketiga kelurahan tersebut dinilai sudah terbebas dari prilaku masyarakat yang buang air besar sembarangan. Artinya semua masyarakat di wilayah itu sudah menggunakan jamban dan septic tank yang memenuhi syarat kesehatan.

“Terima kasih kepada Dinas Kesehatan yang telah membimbing, memantau, dan mengevaluasi, sehingga tiga kelurahan berani mendeklarasikan bebas ODF, dimana setiap rumah sudah memiliki septic tank dan tidak buang air besar sembarang. Semoga kelurahan lain di Kota Depok bisa mengikuti jejak tiga kelurahan yang telah bebas ODF,” tutur Nur Mahmudi

Walikota juga mengingatkan tentang pentingnya Pola Hidup Bersi dan Sehat (PHBS), dan dimulai dari diri sendiri.”Biasakan hidup bersih sehingga kualitas kesehatan tetap terjaga. Hal itu juga merupakan salah satu upaya untuk mewujudkan kota Depok yang Bersih dan Hijau. Bersih harus terus kita upayakan agar bisa terwujud, baik bersih secara pribadi maupun lingkungan. “Ayo kita mulai terapkan kebiasaan PHBS,” ajak Nur Mahmudi.

Pemkot Depok menggunakan pendekatan metode Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), untuk mencapai perilaku ODF. Dengan Indikator output, setiap individu atau komunitas mempunyai akses sanitasi dasar, sehingga dapat mewujudkan individu/ komunitas yang tuntas buang air besar sembarangan. Sedangkan indicator outcomenya, menurunkan kejadian kasus diare, kecacingan, Hepatitis A, dan penyakit berbasis lingkungan yang berkaitan dengan sanitasi dan perilaku.