Pemkot Depok Salurkan Dana Penguatan Kinerja RT, RW dan LPM

Balaikota, Depok Terkini

Pemerintah Kota Depok menyalurkan dana penguatan kinerja kepada Rukun Tetangga (RT), Rukun Warga (RW) dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) se-Kota Depok, Rabu (26/12/2018).

Dana penguatan sebesar Rp 11,6 milyar tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemkot Depok terhadap kinerja RT, RW dan LPM di Kota Depok.

Menurut Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Dinas Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga (DPAPMK) Kota Depok, Poniti. Penyaluran dana ini diperuntukkan bagi 5.223 RT, 908 RW, dan 63 LPM. Besaran dana yang diberikan masing-masing,  RT sebesar Rp150.000/bulan, RW dengan besaran nominal Rp190.000/bulan, serta LPM Kelurahan sebesar Rp230.000/bulan. Penyaluran dalam bentuk honorarium pada ketua RT, RW, dan LPM ini disalurkan dengan sistem transfer ke rekening masing-masing.

“Sebagai bentuk apresiasi kami pada ketua RT, RW, dan LPM, penyerahan operasional tahun lalu masih dalam bentuk tunai tapi sejak 2018 penyerahannya dengan non tunai atau transfer bank,” ujar Poniti, usai membuka penyerahan dana penguatan kinerja RT, RW, LPM se Kota Depok, Aula Lantai 10 Gedung Dibaleka 2, Balaikota Depok.

Ditambahkannya, dana penguatan kinerja akan diserahkan dalam beberapa gelombang. Dimulai dari tanggal 26 Desember untuk kecamatan Beji, Pancoran Mas, Tapos, Bojongsari, Sawangan, dan Sukmajaya.“Sedangkan sisanya akan secara simbolis diberikan pada tanggal 28 Desember untuk kecamatan Cilodong, Cimanggis, Cinere, Limo, Cipayung,” tandasnya.

Sementara itu, Walikota Depok Mohammad Idris melalui Asisten Hukum dan Sosial Pemkot Depok, Sri Utomo mengatakan dana penguatan kinerja ini merupakan bentuk perhatian dan dukungan Pemkot Depok atas eksistensi RT, RW dan LPM dalam pembangunan serta upaya mewujudkan visi Kota Depok.

"Mudah-mudahan besaran dana penguatan ini bisa lebih meningkat lagi seiring dengan pendapatan asli daerah," ujar Sri Utomo seraya berharap RT, RW dan LPM dapat menjadi bagian mengawal dan mendukung program unggulan Kota Depok, salah satunya keberadaan Kota Layak Anak.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar