21 Pasangan Peserta Isbath Nikah Dapat Tree In One


Balaikota, Depok Terkini
Pemerintah Kota Depok melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) menggelar program isbath nikah bagi warga kurang mampu di aula Balaikota Depok, Jum'at (23/08).
Program isbath nikah ini diikuti 21 pasangan dari 11 kecamatan di Kota Depok.

Menurut Kepala Disdukcapil Kota Depok, Misbahul Munir. Isbat nikah bertujuan membantu warga yang perkawinannya sudah sah menurut agama tetapi belum tercatat dalam administrasi negara.

"Peserta isbath nikah akan memperoleh buku nikah, KK, dan akte kelahiran secara gratis. Isbath nikah seluruhnya dibiayai dari APBD Depok," ujar Munir.

Sedangkan persyaratan isbath nikah, kata Munir diantaranya warga Depok khususnya warga kurang mampu dan merupakan perkawinan yang pertama."Masih banyak warga Depok yang belum memiliki buku nikah dengan berbagai alasan. Mereka juga tidak mendaftarkan ke Pemkot," ungkapnya.

Walikota Depok Mohammad Idris usai membuka acara tersebut mengatakan, Isbath nikah ini merupakan pengakuan terhadap pernikahan yang dilakukan secara agama, tapi belum memiliki akte nikah dari negara.

"Buku nikah sangat penting bagi mereka dan anak-anaknya. Berdasarkan laporan secara lisan dari para Lurah masih banyak warga yang belum memiliki akte nikah. Karena itu kita siapkan program ini diperuntukkan warga kurang mampu dan belum memiliki buku nikah," tuturnya.

Menurut Idris, program ini bukan sekedar pengakuan pernikahan saja, tetapi merupakan bagian dari perlindungan terhadap anak dan masa depannya."Anak-anak juga harus tercatat sehingga diakui negara. Karena itu, Pemkot mengadakan program ini termasuk Tree In One, yaitu peserta akan mendapat buku nikah, KK, dan akte kelahiran. Saya tambahkan juga mendapat Kartu Identitas Anak (KIA),"ucap Idris.(ndi)

Posting Komentar

0 Komentar